Rabu, 09 Juni 2010

Sarana Wisata Obat Tradisional

INDONESIA memang kaya tanaman obat. Aneka tanaman tersebut kalau diolah bisa menjadi berbagai macam jamu yang menyehatkan. Namun banyak yang belum tahu apa saja potensi kekayaan hayati tersebut.
Untuk mengetahui semua itu, masyarakat bisa datang ke Sasana Husada di Pekapalan Alun-alun Utara Yogyakarta (timur PDHI). Di objek wisata herba yang didirikan Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan (SP3) DIY ini bisa disaksikan berbagai tanaman obat. Bahkan wisatawan juga bisa mencicipi jamu racikan dari berbagai tanaman tersebut, di samping juga ada bahan jamu mentah dalam kemasan.
“Bagi yang ingin minum langsung di sini juga kami layani. Kalau ingin membawa pulang juga ada yang sudah dikemas, kemudian di rumah tinggal menyeduh saja,” kata Sulasmi, petugas.
Menurut Sulasmi, aneka tanaman obat tersebut bisa diracik dengan komposisi tertentu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Antara lain untuk mengobati ambeien/wasir, asam urat, asma, darah tinggi, gatal-gatal, mengurangi kegemukan, menyehatkan jantung, mengobati kencing batu, kencing manis, menurunkan kolesterol, membuat badan menjadi langsing/singset, mengatasi lemah syahwat, mengobati maag, masuk angin, pegal-linu, rematik/encok, sakit pinggang, serta untuk kesehatan kaum pria dan sehat wanita.
Selama ini Sasana Husada dikunjungi masyarakat sekitar maupun wisatawan. Menurut Sulasmi, kebanyakan wisatawan memilih untuk minum jamu di tempat, bukan membawa pulang bahan jamu dalam kemasan. (Fie)-b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar